Tuesday, November 13, 2018

STANDARD OPERATING PROCEDURE PENERIMAAN PERKARA

DI PENGADILAN AGAMA BANDUNG


A. PENDAFTARAN PERKARA


DESKRIPSI :
- Pelayanan Prima Pengadilan Agama kepada masyarakat pencari keadilan
- Memberi pelayanan jasa publik dan pelayanan administratif secara sederhana, tepat dan terukur

URAIAN PELAYANAN
UNIT PEJABAT TERKAIT
WAKTU PENYELESAIAN
1
Menerima Surat Gugatan / Permohonan sebanyak para Pihak ditambah 3 Eksemplar.
 Meja 1
 5 Menit
2
Meneliti Surat Gugatan / Permohonan yang diajukan oleh Penggugat / Pemohon.
 Meja 1
 5 Menit
3
Menaksir panjar biaya perkara dan membuat SKUM rangkap 3 serta menyerahkan SKUM tersebut kepada Penggugat / Pemohon agar membayar panjar biaya perkara pada bank yang ditunjuk.
 Meja 1
 5 Menit
4
Menerima Struk Pembayaran panjar biaya perkara sesuai SKUM dari Bank yang ditunjuk.
 Kasir
 5 Menit
5
Memberi tanda lunas dan nomor perkara pada SKUM setelah Penggugat / Pemohon membayar panjar biaya perkara di bank yang ditunjuk.
 Kasir
 5 Menit
6
Mencatat panjar biaya perkara dalam Buku Induk Keuangan Perkara dan Jurnal Perkara yang bersangkutan.
 Kasir
 5 Menit
7
Membubuhkan nomor perkara pada surat Gugatan / Permohonan dengan stempel yang telah ditetapkan.
 Kasir
 5 Menit
8
Menyerahkan SKUM lembar pertama kepada Penggugat / Pemohon untuk disimpan yang bersangkutan.
 Kasir
 2 Menit
9
Menyerahkan berkas perkara berisi Surat Gugatan / Permohonan beserta SKUM lembar kedua kepada Penggugat / Pemohon untuk mendaftar perkaranya pada petugas Meja III.
 Meja 1
 15 Menit
10
Mencatat perkara Gugatan dalam buku register gugatan dan perkara Permohonan dalam buku register permohonan.
 Meja II
 5 Menit
11
Penunjukan Majelis Hakim terhadap perkara yang telah terdaftar dalam register.
 Ketua
 5 Menit
12
Penunjukan Panitera Pengganti terhadap berkas yang telah ditunjuk Majelis Hakim nya.
 Panitera
 5 Menit
13
Penetapan Hari Sidang.
 KMH
 5 Menit

B. PENYELESAIAN PERKARA


DESKRIPSI :
- Pelayanan Prima Pengadilan Agama kepada masyarakat pencari keadilan
- Memberi pelayanan jasa publik dan pelayanan administratif secara sederhana, tepat dan terukur

URAIAN PELAYANAN
UNIT PEJABAT TERKAIT
WAKTU PENYELESAIAN
1
Memberikan Instrumen PBT ke JS/JSP untuk menyampaikan Pemberitahuan Putusan bagi pihak yang tidak hadir ketika sidang Pembacaan Putusan.
 KMH
 5 Menit
2
Pengetikan Surat Pemberitahuan Isi Putusan.
 JSP
 5 Menit
3
Penyampaian Surat Pemberitahuan Isi Putusan.
 JSP
 120 Menit
4
Penyerahan Surat Pemberitahuan Isi Putusan ke Panmud Gugatan.
 JSP
 5 Menit
5
Penyampaian berkas yang sudah ingkrah ke Meja III.
 Panmud
 5 Menit
6
Pencatatan Akta Cerai di Register AC.
 Meja III
 5 Menit
7
Pengetikan Akta Cerai.
 Meja III
 5 Menit
8
Penggandaan Salinan Putusan.
 Meja III
 10 Menit
9
Membubuhkan paraf pada AC dan salinan putusan.
 Meja 1
 15 Menit
10
Membubuhkan paraf pada AC dan salinan putusan.
 Wakil Panitera
 5 Menit
11
Penandatanganan Akta Cerai oleh Panitera.
 Panitera
 5 Menit
12
Penyerahan Akta Cerai / Salinan Putusan kepada para pihak.
 Meja III
 5 Menit
13
Pengarsipan Berkas Perkara.
 Panmud Hukum
 10 Menit