kop web

on . Hits: 57

    Pengadilan Agama Waikabubak Mengikuti Kegiatan Seminar Ekonomi SyariahIMG 20200827 WA0014

Aparatur Pengadilan Agama Waikabubak mengikuti seminar nasional Ekonomi Syari’ah dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang berkeadilan di Indonesia” diruang Media center Pengadilan Agama Waikabubak  pada hari Rabu, 26 Agustus 2020. 

Acara yang diselenggarakan Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama ini dimulai pukul 09.00 WIB, berdasarkan surat edaran nomor 2971/DJA/HM.00/8/2020 perihal Undangan Seminar Nasional Ekonomi Syariah secara Virtual (Webinar). 

Kegiatan seminar ini diawali dengan sambutan dari Direktur Jendral Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. selaku ketua panitia. Dalam sambutannya beliau menyampaikan selemat ulang tahun RI dan Mahkamah Agung yang ke-75 dan ucapan terimakasih kepada Wakil Presiden RI dan Ketua Mahkamah Agung RI.

 “Selamat ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Mahkamah Agung yang ke-75 selanjutnya saya ucapkan terimakasih atas perkenan yang terhormat bapak Wail Peresiden yang juga sebagai ketua dewan syariah nasional majelis ulama Indonesia berkenan sebagai opening speaker yang mulia Ketua Mahkamah Agung sebagai Keynote Speaker pada acara Seminar Nasional Ekonomi syariah secara virtual”. Ucap orang nomor satu di Ditjen Badilag tersebut.

Dalam sambutannya pula Aco Nur menyampaikan kegiatan seminar ini terselenggara atas kerjasama Mahkamah Agung RI Dirjen Badan Peradilan Agama dengan dewan syariah nasional Majelis Ulama Indonesia. Adapun maksud dari kegiatan ini adalah 

  1. Meningkatkan kapasitas para hakim peradilan agama dalam mengadili sengketa Ekonomi Syariah

  2. Menyamakan presepsi atas penerapan hukum ekonomi syariah

  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemegang kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia

  4. Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah

  5. Mensosialisasi ekonomi syariah dan proses menyelesaian penerapan hukum kepailitan syariah di Indonesia

Tujuan akhir dari seminar ini adalah untuk memperkuat system ekonomi syariah dan penegakan hukumnya dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia.

Narasumber dalam seminar Nasional ini adalah 

  1. Prof. Dr.M.Hatta Ali, S.H., M.H. Ketua MA-RI Periode 2013-2020 dengan materi Peran lembaga Peradilan dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

  2. Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI dengan materi “Problematika Eksekusi Putusan Ekonomi Syariah”

  3. Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H.  Dirjen Badilag MA-RI dengan materi “Kepailitan Dalam Prespektif Ekonomi Syariah dan Pengembangan SDM di Peradilan Agama dalam menangani sengketa Ekonomi syariah”

  4. Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, SE., M.H., M.Ag. Dewan Syariah Nasional (DSN) dengan materi Dinamika Fatwa sebagai sumber hukum regulasi ekonomi syariah dan penyelesaian sengketanya”

  5.  Dr. Setiawan Budi Utomo dari Otoritas Jasa Keuanhgan (OJK) dengan meteri “Grand Design Regulasi Ekonomi Syariah Di Indonesia”

Karena manfaat dari seminar nasional ini, Pengadilan Agama Waikabubak tidak hanya Hakim yang mengikuti acara seminar ini, Panitera, Panitera Muda dan Panitera Pengganti pun ikut menyimak jalannya Seminar Nasional tentang ekonomi syariah ini. (Tim IT PA Wkb/Ags)

Add comment


Security code
Refresh

Video

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Waikabubak

Jl. Nangka No. 14 - Waikabubak - Sumba Barat - NTT

Telp: 0387-21162
Fax: 0387-21162

Email :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

lokasi Lokasi

fb Facebook

 

 

Pengadilan Agama@2018